Tindakan Berdasar Gagasan

Posted by Muhammad Irfan on Friday, November 22, 2013 with No comments



Dapatkah tindakan menghasilkan pembebasan dari rantai sebab-akibat ini?

Saya telah melakukan sesuatu di masa lampau; saya mempunyai pengalaman, yang jelas mengkondisikan respons saya hari ini; dan respons hari ini mengkondisikan respons hari esok. 

Itulah seluruh proses karma, sebab dan akibat; dan jelas --sekalipun mungkin menghasilkan kenikmatan untuk sementara waktu-- proses sebab-akibat seperti itu pada akhirnya hanya akan menghasilkan kesakitan. 

Itulah pokok persoalannya: Dapatkah pikiran menjadi bebas? Pikiran atau tindakan yang bebas tidak menghasilkan kesakitan, tidak menghasilkan pengkondisian. Itulah pokok terpenting dari seluruh masalah ini. 

Jadi, adakah tindakan yang tidak berhubungan dengan masa lampau? Adakah tindakan yang tidak berdasarkan gagasan? 

Gagasan adalah kelangsungan hari kemarin dalam bentuk yang diubah sedikit, dan kelangsungan itu akan mengkondisikan hari esok; itu berarti tindakan berdasarkan gagasan tidak pernah bisa bebas. 

Selama tindakan didasarkan pada gagasan, mau tidak mau akan menimbulkan konflik lebih jauh. 

Adakah tindakan yang tidak berhubungan dengan masa lampau? Adakah tindakan tanpa beban pengalaman, pengetahuan hari kemarin? 

Selama tindakan adalah hasil masa lampau, tindakan tidak pernah bisa bebas, dan hanya dalam kebebasan Anda dapat menemukan apa yang benar. 

Yang terjadi ialah, karena batin tidak bebas, ia tidak mampu bertindak; ia hanya dapat bereaksi, dan reaksi adalah dasar dari tindakan kita. 

Tindakan kita bukanlah tindakan, melainkan sekadar kelangsungan dari reaksi, oleh karena ia adalah hasil dari ingatan, dari pengalaman, dari respons hari kemarin. 

Jadi, pertanyaannya ialah, dapatkah batin bebas dari keterkondisiannya?

Jiddu Krishnamurti
Buku Kehidupan: Reinkarnasi