Klakson 3 Kali di Kedubes Australia Belum Terdengar

Posted by Muhammad Irfan on Thursday, November 21, 2013 with No comments




Aksi membunyikan klakson tiga kali di depan Gedung Kedutaan Besar Australia sebagai bentuk protes penyadapan masih sebatas wacana di media sosial saja. Pada kenyataannya, aksi tersebut belum kedengaran.

Kompas.com melakukan pemantauan di depan Gedung Kedubes Australia di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2013) pagi. Selama 30 menit, bunyi klakson tiga kali yang tepat berasal dari depan gedung itu hanya terdengar dua kali. 

Sisanya hanya bunyi klakson biasa yang memang lazim terdengar di jalan raya Ibu Kota. Petugas keamanan yang berjaga di depan gedung pun tidak mengetahui mengenai aksi klakson tiga kali itu. Mereka juga mengaku sejak kemarin tidak menyadari adanya bunyi klakson yang tidak lazim. 

"Tidak ada, dari kemarin biasa saja. Ya kalau suara klakson sering, tapi sepertinya tidak ada yang sampai tiga kali dan diarahkan ke sini," ujar salah satu petugas. 

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi di media sosial Twitter. Hingga berita ini diturunkan, tweet tagar "klakson3x" di Twitter masih terus bermunculan. 

"Bagaimanapun juga kita harus protes untuk dugaan kuat penyadapan yg dilakukan pemerintah australia kepada Indonesia #klakson3x," tulis akun @besuspriantana. 

Padahal, jika aksi klakson tiga kali sebagai bentuk protes ini benar-benar dilakukan secara intensif, menurut Ketua Forum Telematika KTI Hidayat Nahwi Rasul, bisa menjadi upaya protes yang sangat baik dari rakyat Indonesia kepada Australia.

"Aksi klakson tiga kali ini menunjukkan kalau netizen sadar ini sudah emergency. Ini menandakan rakyat peduli dengan negaranya yang diperlakukan tidak baik oleh negara lain," ujar Hidayat.



http://megapolitan.kompas.com/



Categories: ,