Perbatasan Timor Leste Sudah Lebih Maju Dibandinkan Dengan Indonesia

Posted by Muhammad Irfan on Tuesday, November 19, 2013 with No comments



Badan Pengelola Kawasan Perbatasan Nusa Tenggara Timur menyebutkan pembangunan di kawasan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste belum maksimal. Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan NTT, Edu Gana mengatakan lemahnya koordinasi antar dinas yang memiliki dana untuk pembangunan perbatasan, sebagai salah satu kendala dalam pembangunan perbatasan.

"Jika dibandingkan pesatnya pembangunan di kawasan perbatasan antara Timor Leste dan Timor Barat, itu lebih cepat membangun Timot Leste. Berbicara tentang koordinasi itu sangat enteng sekali. Tapi implementasinya dia sangat berat. Tiap tahun itu kami melakukan Rakor pembangunan kawasan perbatasan. Menghadirkan SKPD yang punya dana perbatasan. Dana saja sudah susah. Nah bagaimana kita ngomong tentang pembangunan kawasan perbatasan, manakala koordinasi lintas sektor saja sudah sangat berat," kata Edu Gana.

Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan NTT, Edu Gana menambahkan, dana untuk pembangunan kawasan perbatasan cukup besar. Dana itu bersumber dari APBN, APBD NTT dan APBD Kabupaten Belu, TTU, dan Kabupaten Kupang.

Menurut Edu Gana, Badan Pengelola Kawasan Perbatasan dan pemerintah kabupaten telah menetapkan prioritas pembangunan kawasan perbatasan. Tetapi program itu tidak berjalan, karena kewenangan dan implementasinya tetap ada di pemerintah kabupaten. 


http://www.portalkbr.com/




Categories: , ,